Cara Install Manual WordPress di Hosting

Tanya donk baguz...
Bagaimana Cara install WordPress Di Hosting 000webhost?
Langkah langkah Installasi manual WordPress di Hosting Gratis bagaimana?
Bisakah WordPress diInstall secara manual tanpa Fantastico auto installer?
Bisakah WordPress Auto update bila ada versi terbarunya?
Cara membuat MySQL database nya WordPress gimana?
Lalu apakah WordPress bisa bekerja dengan baik kalau di install pada hosting gratis?
Saya sudah install WordPress dihostingan saya, dan sudah beres semua, tapi kenapa tidak bisa auto install themes nya? link link untuk search themes pun tidak berfungsi. Mulai dari install manual semua jadi serba manual deh, mulai update versi terbaru dan memamasukkan themes. plugins pun seacara manual. Gimana donk om? :(
Wah... Numpuk juga pertanyaan dari rakyat yang harus saya jawab.. :iy: Tapi saya mencoba menjawab one by one pertanyaan di atas, besok descriptions ciut saya ganti menjadi "Selalu ada jawaban dari pertanyaan yang tidak terjawab" :ek: Okey mari kita mulai, jangankan anda, Saya aja :lebay: install WordPress bisa saya katakan sukses 100% setelah saya mencoba untuk ke 17 kalinya, pastinya dengan cara manual di hostingan gratis, domain gratis, semua serba gratis deh, internet saja gratis *numpang soalnya* :ek: Sebenarnya ada salah satu teman saya yang mengerti sekali akan WordPress, dulu dia install 1 kali padahal dia hanya baca tutorial dan hasilnya 100% sukses, tapi saya mau mendekat dia menolak terus, jadi ya usaha sendiri, :hem: masih teringat dalam benak pikiran saya "hal apapun yang kita yakini, pasti bisa kita lakukan, asalkan ada niat, usaha dan semangat" pastinya.. itulah kata kata my honey saya *bukan ikut² lo ya* saya hanya pinjam kalimat itu saja =)), Kembali saya mencoba menjawab pertanyaan diatas.. mari kita mulai dengan ucapan bissmillah... Sebelumnya saya ingin memberi sedikit gambaran apa itu WordPress, WordPress sebetulnya hampir mirip dengan FlatPress, seperti  yang saya katakan dulu, saya sering menyebut WordPress ini adalah kakak dari FlatPress dan FlatPress adalah adik dari pada WordPress, dimana WordPress sebagai kakak ini lebih canggih :weh: dan lebih keren dari FlatPress tapi FlatPress tidak kalah keren lo, soalnya kan sama-sama anak ibu, beda bapak tapi, :ek: WordPress adalah sebuah generator web blog sites *bingung?* yang pasti itulah siapa sih yang tidak tahu WordPress, situs WordPress adalah wordpress.com dan wordpress.org dan WordPress selain menjadi generator blog seperti blogger.com WordPress juga menyediakan installasi untuk dimiliki anda pribadi, untuk domain anda, atau untuk blog anda, ya itu sedikit gambaran tentang worpress yang saya ketahui, apa bedanya wordpress yang langsung dari wordpress.com dengan wordpress yang di installasi sendiri? *nah lo* sayang tidak ada yang bertanya begitu diatas, jadi ya saya juga tidak menjawab, langsung menuju pertanyaan pertama, jawabnya adalah bisa, selain 000webhost juga kita bisa install WordPress pada beberapa hosting gratis yang menyediakan fitur PHP, dan MySQL tentunya, contohnya bisa dilihat disini. Sebelum kita lanjut ada pertanyaan? *sip kalau tidak ada* Lanjut, ini adalah proses installasi WordPress dengan cara manual pada hosting:
  1. Yang pertama anda lakukan adalah memilih, karena kapasitas file WordPress yang tidak sedikit ini Anda bisa memilih agar cepat upload ke hostingan anda, yang pertama saya menawarkan dengan cara wget dari SSH Console..
    - Login ke cPanel anda dan cari menu SSH Console bila tidak menemukan menu itu abaikan cara ini, bila menemukan lanjutkan dengan mengetik cd public_html kebanyakan webhosting memakai public_html untuk root www nya, tapi ada juga yang memakai www dan htdocs :wah:
    - Bila anda sudah berada dalam public_html anda silahkan menuju ke http://wordpress.org/download/ untuk melihat versi terbarunya, bila sudah mendapatkan link nya silahkan ketik wget http://alamat.url.zipped.nya
    contoh : cd public_html > wget http://wordpress.org/latest.tar.gz
    setelah proses berjalan 100% atau success atau saved silahkan extract file zip, tar.gz, gzip tersebut dengan cara ketik tar -zxvf nama.file.zip
    contoh : tar -zxvf latest.tar.gz
    Okey proses download upload selesai..
    sekarang saya ingin menjelaskan untuk yang tidak menggunakan SSH, kita gunakan ftp, untuk ftp pun ada berbagai cara, anda bisa menggunakan FileZilla atau WinSCP atau SmartFTP. Untuk 3 contoh diatas adalah software, software untuk koneksi ke ftp server, bila koneksi anda mendukung, atau koneksi anda cepat anda bisa mengupload file melalui ftp onlie, seperti ftplive dan net2ftp atau bahkan anda bisa mengupload lewat Filemanager yang telah disediakan dari hosting, semua itu terserah anda. Lanjut proses ini saya kira tidak ada masalah, untuk login anda bisa menggunakan login pada cPanel anda, yups lanjut bila sudah masuk ke directori atau folder dimana anda ingin mengupload, sailahkan anda menuju ke http://wordpress.org/download/ untuk melihat file yang ingin anda download, anda bisa mendownload WordPress versi bahasa indonesia dan sunda, untuk bahasa indonesia klik disini. setelah anda mendownload file zip atau tar.gz tersebut saatnya anda mengupload ke dir atau folder anda, anda bisa meng-extract file zip atau tar.gz tersebut di komputer anda dahulu, mungkin anda tidak yakin untuk mengupload file sebesar itu anda bisa upload sedikit sedikit, 
  2. Okey, setelah proses upload selesai silahkan anda masuk cPanel hosting anda untuk membuat database MySQL, cara membuat database MySQL saya rasa tidak ada masalah, hanya membuat saja kok, yang penting anda harus ingat server username, name MySQL, dan password MySQL tentunya.
  3. Setelah anda membuat database tersebut sekrang anda memasuki proses installasi. Proses installasi bisa anda mulai dengan membuka browser atau tab baru dengan mengisikan url alamat dimana installasi anda tadi extract, contoh : saya extract file wordpress tersebut pada public_html saya harus menuju file index itu, contoh http://myciut.tk/wordpress/ intinya anda masuk ke dir atau folder dimana file WordPress tadi diobrak abrik.
  4. Lanjut, pada awal anda membukan alamat WordPress anda maka WordPress akan mengatakan WordPress Error, tenang saja.










  5.  Silahkan klik Create a Congiguration File maka akan muncul halaman Setup Configuration File, lanjut dengan klik Let's Go
  6. Nah disini adalah proses mengisi database konfigurasi MySQL yang anda buat tadi, silahkan isikan:
    - Database Name *\\ isi nama database yang anda buat tadi
    - User Name *\\ isi dengan username database yang ada buat tadi
    - Password *\\ isikan dengan password database anda
    - Database Host *\\ isi dengan nama server MySQL anda bisa (dilihat diinfo MySQL)
    - Table Perfix *\\ silahkan ubah jika Anda ingin menjalankan beberapa instalasi     WordPress dalam satu basis data.
  7. Lanjut tekan Submit atau Setor (kalau memakai indonesia)
  8. Bila semua benar maka anda akan dialihkan menuju halaman Informasi silahkan isikan semua apa yang dibutuhkan. Bila sudah silahkan klik Install WordPress
  9.  
  10. Sukses, selamat WordPress anda berhasil di install.. katakan Allhamdulillah dulu..









Allhamdulillah bila langkah langkah installasi tidak ada masalah, sekarang saya akan menjawab pertanyaan selanjutnya, pertanyaan nomor 3 dan 5 sudah kejawab juga ya, berarti tinggal nomor 4 dan 6, okey, disini saya akan menjelaskan terlbih dahulu, permasalahan pada WordPress tidak bisa auto updates dan tidak bisa di ganti atau browse themes atau plugins tidak bisa diinstall langsung dari dasboard admin, permasalahanya adalah dari MySQL pada saat kita ingin mengambil apa yang terbaru dari web / link luar, WordPress tidak bisa memasukkan data itu ke directory disk kita, karena MySQL tidak sama dengan login ftp kita, saya mencoba install WordPress pada hostingan hostingan yang pernah saya jajah, hasilnya bila disaat kita membuat database kita hanya diberikan pilihan untuk nama database saja 88% hostingan itu tidak bisa, 000webhost bisa, saya mencoba memakai p4o disini, dan hasilnya adalah bisa anda ketahui setelah anda masuk pada panel admin, pada dashboard terlihat semua error, mulai dari widget Incoming Links, WordPress Blog dan Other Wordpress News, akan terlihat seperti dibawah ini:












Dan ketika anda ingin mengupdate versi terbaru atau install plugins serta themes dari dashboard akan gagal seperti ini:












Mungkin itu adalah sedikit jawaban dari pertanyaan anda, silahkan bertanya lagi, saya siap membantu anda, bila saya bisa dan tahu, bila saya tidak tahu saya akan mencari tahu, sekian artikel ini saya mengucapkan banyak terimakasih kepada yang bertanya, dan jangan sungkan sungkan untuk bertanya lagi, karena setiap pertanyaan adalah sebuah ilmu bagi saya, okey semoga artikel diatas bermanfaat buat semuanya yang membaca.. amien... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada yang mau Anda sampaikan? Silahkan Anda masukkan komentar, kritik atau saran Anda! Dan terimakasih untuk tidak spam.